Wednesday, April 17, 2013

Tata Kalimat dalam Bahasa Indonesia

Oke, gak pake basa basi kali ya?
langsung aja, kali ini gue bakal ngeshare makalah mengenai TATA KALIMAT dalam Bahasa Indonesia..
Ini makalah yang dibikin oleh temen-temen gue sekelas, jadi marilah kita ucapkan banyak-banyak terima kasih kepada mereka semua...
Gak pake lama, ayo langsung dibaca guys...!!

Bab I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
            Menurut Anton M. Moeliono, berbahasa Indonesia dengan baik dan benar dapat diartikan pemakaian ragam bahasa yang serasi dengan sasarannya dan yang disamping itu mengikuti kaidah bahasa yang betul. Ungkapan bahasa Indonesia yang baik dan benar, sebaliknya, mengacu ke ragam bahasa yang sekaligus memenuhi persyaratan kebaikan dan kebenaran.
Bahasa yang baik dan benar itu memiliki empat fungsi :
(1) fungsi pemersatu kebhinnekaan rumpun dalam bahasa dengan mengatasi batas-batas kedaerahan;
(2) fungsi penanda kepribadian yang menyatakan identitas bangsa dalam pergaulan dengan bangsa lain;
(3) fungsi pembawa kewibawaan karena berpendidikan dan yang terpelajar; dan
(4) fungsi sebagai kerangka acuan tentang tepat tidaknya dan betul tidaknya pemakaian bahasa.
Keempat fungsi bahasa yang baik dan benar itu bertalian erat dengan tiga macam batin penutur bahasa sebagai berikut :
(1) fungsinya sebagai pemersatu dan sebagai penanda kepribadian bangsa membangkitkan kesetiaan orang terhadap bahasa itu;
(2) fungsinya pembawa kewibawaan berkaitan dengan sikap kebangsaan orang karena mampu beragam bahasa itu; dan
(3) fungsi sebagai kerangka acuan berhubungan dengan kesadaran orang akan adanya aturan yang baku layak dipatuhi agar ia jangan terkena sanksi sosial.

Berdasarkan paparan di atas maka dapat disimpulkan, berbahasa Indonesia dengan baik dan benar adalah menggunakan bahasa Indonesia yang memenuhi norma baik dan benar. Norma yang dimaksud adalah “ketentuan” bahasa Indonesia, misalnya tata bahasa, ejaan, kalimat, dsb.
           
            Sehingga studi kalimat dianggap sangat penting dilakukan untuk mencapai kemahiran berbahasa atau mengarang. Unsur terkecil dalam berbahasa sehari-hari adalah kalimat bukan kata-kata. Kata-kata hanya, menjadi unsur dalam kalimat. Kalau pada suatu waktu waktu pemakai bahasa berurusan dengan aneka bentuk kata maka hal ini dilakukan karena berkaitan dengan proses pembentukan kalimat. Dengan kalimat-kalimatlah kita melakukan kegiatan tukar-menukar pikiran dengan orang lain.
            Bahasa yang baik, benar, dan tepat pada hakikatnya terwujud pada pembentukan atau pemakaian kalimat. Kita yang ingin mahir berbahasa (mengarang) hendaknya terlebih dahulu memiliki kecakapan menentukan ujaran (bentuk ketatabahasaan) yang berkriteria kalimat dan yang bukan kalimat. Kemampuan mengenal dan menggunakan berbagai ragam kalimat yang ada dalam bahasa patut dimiliki.           
            Oleh karena itu, untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia yang baik dan benar, makalah ini disusun dengan mengangkat tema tentang tata kalimat. Makalah ini akan membahas pengertian kalimat, alat-alat dan unsur-unsurnya, serta jenis-jenis kalimat.

1.2 Rumusan masalah
1.  Apakah yang disebut dengan kalimat?
2.  Sebutkan unsur-unsur dalam kalimat!
3.  Sebutkan pola-pola kalimat dasar! Berikan contoh-contohnya!
4. Sebutkan jenis-jenis kalimat menurut pengucapannya! Berikan contoh-contohnya!
5. Sebutkan jenis-jenis kalimat menurut struktur gramatikalnya! Berikan contoh-contohnya!
6. Sebutkan jenis-jenis kalimat menurut bentuk gayanya (retorikanya)!Berikan contoh-contohnya!
7. Sebutkan jenis-jenis kalimat menurut fungsinya!Berikan contoh-contohnya!
8. Sebutkan jenis-jenis kalimat menurut unsurnya! Berikan contoh-contohnya!
9. Sebutkan jenis-jenis kalimat menurut susunan S-Pnya! Berikan contoh-contohnya!
10. Sebutkan jenis-jenis kalimat menurut subjeknya! Berikan contoh-contohnya!
11. Apakah yang disebut dengan kalimat efektif?Berikan contohnya!
12. Sebutkan ciri-ciri khas kalimat efektif! Jelaskan!
1.      1.3 Tujuan
1.3.1 Tujuan instruksional umum:
            Setelah mempelajari makalah ini, mahasiswa memiliki kemampuan dalam memahami tata kalimat dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar.
1.3.2 Tujuan instruksional khusus:
            Setelah menyelesaikan makalah ini, mahasiswa diharapakan mampu:
a. menjelaskan pengertian kalimat.
b. memahami dan mampu menyebutkan pola-pola kalimat dasar serta memberikan contohnya.
c. memahami dan mampu menyebutkan jenis-jenis kalimat menurut struktur gramatikalnya serta memberikan contohnya.
d. memahami dan mampu menyebutkan jenis-jenis kalimat menurut bentuk gayanya (retorikanya) serta memebrikan contohnya.
e. memahami dan mampu menyebutkan jenis-jenis kalimat menurut fungsinya serta memberikan contohnya.
f. memahami dan mampu menjelaskan tentang kalimat efektif serta memberikan contohnya.

 1.4 Metode Pengumpulan Data
 Dalam penulisan makalah ini, kami menggunakan metode telaah pustaka dengan mengumpulkan data-data dari berbagai buku-buku yang berkaitan dengan pembahasan tata kalimat. Dilengkapi pula dengan browsing internet, untuk menambah data-data dalam makalah ini.
            1.5 Manfaat
 Adapun manfaat dari penyusunan makalah ini adalah:
1. Meningkatkan kesadaran akan pentingnya berbahasa sesuai dengan tata bahasa Indonesia yang baik dan benar.
2. Meningkatkan pemahaman tentang tata kalimat dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar.
3. Meningkatkan kemampuan menyusun kalimat sesuai dengan aturan ketatabahasaan yang baik dan benar.
4. Memahami dengan baik penggunaan kalimat efektif dalam pengucapan kalimat sehari-hari dan dalam penulisan.
5. Menciptakan kesetiaan untuk senantiasa menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari.




Bab II
PEMBAHASAN

1.2  Pengertian Kalimat
            Kalimat memiliki beberapa pengertian, diantaranya:
1. Kalimat adalah satuan bahasa terkecil, dalam wujud lisan atau tulisan, yang mengungkapkan pikiran yang utuh. Dalam kalimat, sekurang-kurangnya terdiri dari subjek dan predikat.
2. Kalimat adalah gabungan dari duah buah kata atau lebih yang menghasilkan suatu pengertian dan pola intonasi akhir.
3. Cook, Elson dan Picket berpendapat bahwa kalimat adalah satuan bahasa yang secara relatif dapat berdiri sendiri, memp...............

Silakan download file lengkapnya DISINI.....!!
Kenapa mesti download? ya kalo gue posting disini, kepanjangan atuh, berat loading nya ntar.. :)

Sumber : makalah kelompok IV mahasiswa kimia pada matkul bahasa indonesia semester I

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar apapun asalkan terbebas dari SARA, junk, dan SPAM. .

 
Share