Sunday, October 19, 2014

[Sady Pick] Celebrity, Funniest And Larva "Ice Bucket Challenge"


Have you heard about the "Ice Bucket Challenge"?

hehehe..., gila, keren banget ya kata-kata pembuka gue? Tumben-tumbenan gue pake Bahasa Inggris... :D
Eitss, tapi jangan salah loh ya, jangan kira gue hebat bahasa Inggris, boro-boro, bahasa Indonesia aja gue ngos-ngosan,... :|
Itu kata-kata pembuka, gue juga gak sengaja nemu, kalau gak percaya, liat nih... hahahaha........


Sssstttttt............!!
Jangan bilang siapa-siapa ya....!!
Rahasia kita itu,... hahaha...... :D

Etapi, beneran nih, kalian pernah dengar tentang "Ice Bucket Challenge" kan? Atau jangan-jangan pernah ikut ngelakuin? Waaahhh, hebat kalau gitu.. *Tepuk tangan*

Haahhhh? Aaaappaaaaaaaaaa??? Ternyata ada yang belum pernah denger ya? hmmmm, kasiann, pasti kudet... :p
Yaudah, karena gue orangnya baik banget, nih gue kasih tau, apa itu "Ice Bucket Challenge"... :D

Dikutip dari tante wikipedia.org
Tantangan Ember Es (The Ice Bucket Challenge, kadang-kadang disebut ALS Ice Bucket Challenge), adalah kegiatan berupa menyiram seember air es di kepala seseorang untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan penyakit sklerosis lateral amiotrofik (ALS) dan mendorong sumbangan untuk penelitian penyakit tersebut.
Nih, supaya lebih tau lagi, liat video ini deh... :D


WOW, sampai mantan Presiden Amerika George W. Bush ikutan juga loh.... *mata belo*

Pokoknya, kalian semua yang ngerasa anak gaul yang peduli banget sama hal-hal berbau kemanusian, wajib banget buat ikut ngelakuin gerakan kampanye ini..
Tapi, kalau ikutan, jangan asal ikut aja loh ya, tanpa mengetahui makna didalamnya. Seperti dikutip dari tante wiki di atas, kampanye "Ice Bucket Challenge" ini dibuat untuk meningkatkan kesadaran kita akan penyakit "Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS)". Sebuah penyakit yang disebabkan karena terjadinya degenerasi sel saraf, sehingga tidak terjadi transmisi molekul neurotransmiter dari otak menuju ke otot, dan mengakibatkan disfungsi otot, sehingga otot menjadi lemah, mengalami atrofi otot dan  fasciculation.  
Simpelnya, otot si penderita gak akan bisa digerakin, tangan, kaki, bahkan semua bagian tubuh yang mengandung otot lurik gak akan bisa digerakin, bahkan untuk makan dan bicara pun bisa jadi sangat susah loh atau bisa jadi gak bisa sama sekali, karena neuron motorik yang terletak dalam otak, batang otak serta sumsum tulang belakang yang notabene merupakan unit pengendali dan komunikasi yang menghubungkan sistem saraf dan otot lurik tidak bekerja sebagai mana mestinya, karena adanya degenerasi sel saraf tadi. 
Salah satu orang yang menderita penyakit ini, yang gue tau adalah Stephen Hawking, seorang ilmuan dibidang fisika teoretis.

Stephen Hawking
Oya, seperti yang gue bilang sebelumnya, kalau kalian mau ngelakuin Ice Bucket Challenge ini, jangan asal-asalan. Berhubung Ice Bucket Challenge ini merupakan sebuah kampanye kemanusian, jadi bagi yang mau ikutan, sebenernya ada peraturannya.
Apa peraturannya? Jadi setiap individu yang mendapat tantangan untuk melakukan Ice Bucket Challenge ini punya dua pilihan, menerima tantangan atau melakukan donasi. Jika kalian memilih menerima tantangan, maka kalian diminta untuk mendonasikan uang sebesar $10, tetapi jika kalian menolak untuk melakukan tantangan, maka kalian diharuskan mendonasikan uang sebesar $100, begitu kesepakatannya. Untuk mendonasikan uangnya sendiri, kalian bisa melakukannya melalui website resmi "ALS Association". Berdasarkan data per 29 Juli 2014, donasi yang berhasil dikumpulkan sebanyak $115 Juta. Wow..... :O
Jadi, jangan asal-asalan ya kalo mau ngelakuin Ice Bucket Challenge ini. Supaya ntar kampanye ini gak jadi "Slacktivisme", yakni suatu bentuk kegiatan online yang gak punya dampak langsung pada perubahan sosial. Soalnya banyak loh orang-orang diluar sana yang sok-sok ngelakuin Ice Bucket Challenge tanpa tau maknanya, bahkan gak melakukan donasi sama sekali, cuma mau ikut-ikutan aja biar dikira peduli sama lingkungan, Sh*t....!!

Sebelum kalian ngelakuin "Ice Bucket Challenge", ada hal-hal yang harus diperhatikan, diantaranya yaitu (dikutip dan diterjemahkan dari Web ALS Association):
  1. Ketika melakukan tantangan bagi kan video kalian ke media sosial dengan memberikan hastag #icebucketchallenge, #alsicebucketchallenge, and #strikeoutals.
  2. Kegiatan "Ice Bucket Challenge" tidak dianjurkan untuk dilakukan oleh anak kecil, orang tua, seseorang dengan kesehatan yang buruk, serta semua jenis binatang, so please use good judgement.
  3. Pikirkan tentang penggunaan air. Jika kalian berada disuatu tempat yang sedang mengalami kekeringan, susah air bersih, mending jangan ikut-ikutan, lebih baik airnya digunakan untuk hal-hal yang lebih bermanfaat.
  4. Pastikan tindakan kalian melakukan "Ice Bucket Challenge" tidak akan mempermalukan diri kalian sendiri maupun orang lain kalau gak mau hasilnya jadi kaya gini... :D

Tapi perlu kalian ketahui, ternyata "Ice Bucket Challenge" gak cuma dilakuin oleh manusia aja loh, tapi juga dilakuin oleh Larva....!!!
Iya, larva yang itu, itu loh, yang lucu itu,,, :D
Nih, kalau gak percaya, silakan liat langsung... :D


Gimana, lucu kan? Lucu dong...!! :D

Nah, udah pada tau kan apa itu "Ice Bucket Challenge"? Jadi ntar kalau bokap, nyokap, kakek, nenek, sodara, om, tante, atau siapa pun, termasuk orang yang kalian gak kenal sekalipun nanyain ke kalian apa itu "Ice Bucket Challenge", kalian semua sudah bisa jawab kan ya?

3 comments:

Mobile App Development Delhi said...

After looking at a few of the blog articles on your site, I seriously appreciate your way of writing it. I saved as a favorite it to my bookmark site list and will be checking back in the near future.

UX Designers Delhi said...

very informative post for me as I am always looking for new content that can help me and my knowledge grow better.

UX Designers Delhi said...

Hi, Really great effort. Everyone must read this article. Thanks for sharing.

Post a Comment

Silahkan berikan komentar apapun asalkan terbebas dari SARA, junk, dan SPAM. .

 
Share