Tuesday, January 17, 2012

Sejarah Perkembangan Sistem Periodik Unsur

Woow... *bersihin sarang laba-laba*
Hampir dua bulan gak ngeposting apa-apa, sebagai blogger gue ngerasa gagal #NangisDiPojokan #NgelapinIngus

Maafin kenistaan gue ya, bukannya gue gak mau posting, tapi emang gak ada waktunya. Sumpah, kuliah itu nyita waktu banget. Makanya, bagi yang masih SMA, udah, gak usah kuliah aja, atau kalo perlu, gak usah lulus-lulus aja dari SMA. SMA itu masa-masa yang sangat menyenangkan loh, sayang buat ditinggalin. #eh

Hahahaha....
ya sudah, daripada gue tambah ngaco, nih, dibaca ya, kali ini gue bakal posting tentang Sejarah Perkembangan Sistem Periodik Unsur.
Cekidooot guys...!!


Sebelumnya, harus kita ketahui bahwa beberapa unsur telah sejak lama menjadi bagian dari kehidupan manusia, seperti tembaga (8000 SM), perak (4000 SM), dan emas (prasejarah) yang digunakan sebagai alat tukar dalam perdagangan maupun sebagai perhiasan. Seiring waktu para ahli mulai mengetahui bahwa setiap unsur memiliki sifat-sifat yang khas. Namun demikian, di samping sifat-sifat khasnya, ternyata di antara unsur-unsur tersebut juga memiliki kemiripan-kemiripan. Fakta ini mendorong para ahli untuk mengelompokkan unsur-unsur berdasarkan kemiripan sifatnya.

Pengelompokkan yang paling sederhana adalah berdasarkan sifat logam dan nonlogam. Selanjutnya, berkembang pengelompokkan unsur-unsur berdasarkan kenaikan massa atomnya yaitu Sistem Triade Dobereiner, Sistem Oktaf Newlands, dan Sistem Periodik Mendeleev, serta berdasarkan kenaikan nomor atom yaitu Sistem Periodik Modern yang digunakan hingga sekarang.

Pengelompokkan unsur-unsur akan sangat membantu kita dalam memahami kemiripan dan perbedaan di antara unsur-unsur tersebut. Hal ini memudahkan kita untuk mempelajari mekanisme dan sifat-sifat yang ditunjukkan ketika suatu unsur bergabung dengan unsur lain. Selain itu, pengelompokkan unsur-unsur ini sangat membantu para ahli untuk memprediksi sifat unsur-unsur yang belum ditemukan.

Untuk Lebih Jelasnya, mari lihat beberapa metode yang digunakan untuk mengelompokkan unsur-unsur seperti yang ada dibawah ini:
*klik aja link-nya*

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar apapun asalkan terbebas dari SARA, junk, dan SPAM. .

 
Share