Wednesday, January 25, 2012

Pengelompokkan Unsur-Unsur Berdasarkan Hukum Triade Dobereiner

Assalamu'alaikum...
hai, kali gini gue bakal ngelanjutin postingan tentang Sejarah Perkembangan Sistem Periodik Unsur lagi, dan metode pengelompokkan yang bakal gue bahas kali ini adalah pengelompokkan unsur-unsur berdasarkan hukum Triade Dobereiner.

Selamat membaca...!!

Setiap unsur memiliki sifat-sifat yang khas dan spesifik. Sebelumnya, kalian semua pasti sudah pada tau dong kalau atom mempunyai tiga partikel di dalamnya, yaitu elektron, proton, dan netron. Jumlah masing-masing partikel tersebut berbeda antara satu atom dengan atom yang lain. Hal ini termasuk salah satu sifat khas yang dimiliki oleh atom.

J.W. Dobereiner (1826) merupakan orang pertama yang mengelompokkan unsur-unsur berdasarkan sifat khas atom dan massa atomnya. Kalian tentunya tahu kan, bahwa massa atom merupakan jumlah proton dan netron dalam suatu atom. Dobereiner melihat bahwa pada 3 buah unsur yang sifatnya mirip, massa atom-atom unsur tersebut mengikuti suatu aturan tertentu. Berdasarkan percobaannya, Dobereiner menyimpulkan bahwa pada unsur-unsur yang memiliki sifat yang mirip, massa atom unsur kedua merupakan setengah dari jumlah massa atom unsur pertama dan ketiga. Dobereiner membagi unsur-unsur yang sifatnya mirip dalam beberapa kelompok yang disebut triade.


Perhatikan contoh diatas. Berdasarkan percobaan, Dobereiner mengetahui bahwa unsur Li, Na, dan K memiliki sifat-sifat yang mirip. Setelah diteliti lebih lanjut, terbukti bahwa massa atom Na adalah setengah dari jumlah massa atom Li dan K. Hal ini juga dapat dilihat pada atom unsur-unsur Be, Mg, dan Ca.

Penemuan hukum Triade ini dapat dikatakan sensasional. Akan tetapi, ternyata tidak semua unsur sesuai dengan hukum ini

Oke, cuma itu yang mau gue bagi kali ini, mohon maaf kalo ada salah-salah kata.
Wassalam....

1 comments:

Anonymous said...

=))

Post a Comment

Silahkan berikan komentar apapun asalkan terbebas dari SARA, junk, dan SPAM. .

 
Share