Sunday, November 20, 2011

Satuan Massa Atom dan Massa Atom Relatif

Assalamu'alaikum..

gue balik lagi nih, sebelumnya gue minta maaf ya, soalnya sekarang udah semakin jarang buat ngepost, maklum, lagi sibuk. hehehe... :39:


yeah, dipostingan kali ini gue bakal ngebahas tentang Satuan Massa Atom dan Massa Atom Relatif. Daripada kebanyakan basa basinya, kita langsung aja ya, cekidoot..!!

Satuan massa atom yang biasa ditulis sma atau u (unit) didefinisikan sebagai 1/12 x massa atom karbon-12. Pemilihan ini berdasarkan kesepakatan internasional yang menetapkan isotop karbon-12 memiliki massa tepat 12 sma (satuan massa atom) atau 12 u (unit). Selanjutnya, massa atom lainnya ditentukan berdasarkan massa relatifnya terhadap 12 u untuk karbon-12. Berdasarkan kesepakatan ini, massa semua atom akhirnya ditetapkan berdasarkan massa relatifnya (Ar) terhadap massa karbon-12.

Pada tabel periodik, massa atom karbon adalah 12,011 sedangkan sebelumnya telah ditetapkan bahwa standar massa atom adalah tepat 12.

Mengapa berbeda?

Standar massa atom didasarkan pada sejumlah atom karbon yang hanya mengandung atom-atom karbon-12. Secara alamiah atom karbon di Bumi juga mengandung isotop karbon-13. Terdapatnya dua isotop ini mengakibatkan pengamatan massa karbon menjadi lebih besar dari 12.

Massa atom relatif suatu unsur merupakan rata-rata massa isotopnya, yaitu rata-rata dari berat isotop unsur ini yang tersecara alamiah. Seperti telah kita ketahui sebelumnya bahwa terdapat beberapa isotop unsur misalnya tiga isotop atom hidrogen, yaitu hidrogen, deuterium, dan tritium. Contoh yang serupa, yaitu atom neon (Ne). Atom Ne Secara alamiah memiliki isotop:

sebanyak 90,48%,

sebanyak 0,27%,


sebanyak 9,26%.


Persentase-persentase ini (90,48%, 0,27%, dan 9,26%) disebut persentase kelimpahan alamiah dari ketiga isotop Ne. Beberapa unsur secara alamiah hanya berupa isotop tunggal, misalnya aluminium yang hanya terdapat sebagai aluminium-27. Secara umum untuk menghitung massa atom relatif suatu unsur digunakan hubungan berikut.


Untuk lebih memahami lagi, silakan lakukan berbagai latihan ya..!!

oke, kayanya cuma itu yang bisa gue bagi sekarang, see you dipostingan selanjutnya,..
Wassalam

:86:

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar apapun asalkan terbebas dari SARA, junk, dan SPAM. .

 
Share