Wednesday, May 1, 2013

Paragraf dalam Bahasa Indonesia

Hai, ketemu lagi sama gue..
Kali ini gue mau berbagi lagi..
Apa yang mau gue bagi pastinya semua udah pada tau dong ya..

Iya, kali ini gue mau bagi-bagi makalah lagi..
Dan lagi-lagi makalah ini dibikin sama temen-temen gue sewaktu semester I saat mata kuliah Bahasa Indonesia..
Jadi, marilah kita berterima kasih kepada mereka karena sudah membuat makalah yang bagus tersebut.. :D

Oya, gue belum bilang ya judul makalah nya? :|
Jadi, makalah yang mau gue bagi kali ini tuh berjudul "PARAGRAF DALAM BAHASA INDONESIA"...
Gimana isinya?
Langsung liat aja ya guys....!!


BAB I

PENDAHULUAN

1.1               Latar Belakang Masalah

Media cetak atau dengan kata lain melalui tulisan adalah salah satu media yang banyak digunakan untuk menyebarluaskan hasil pemikiran, baik konseptual maupun yang disertai bukti empiris. Makin efektif tulisan yang dibuat, makin tinggi kemungkinan tulisan dipahami oleh pembaca.
Untuk menghasilkan tulisan yang efektif, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah mengenai paragraf. Paragraf adalah seperangkat kalimat yang membicarakan suatu gagasan atau topik. Seluruh isi paragraf memperbincangkan satu masalah atau sekurang-kurangnya bertalian erat dengan masalah itu. Hal ini menjadi penting agar yang membaca tulisan tersebut dapat menangakap ide yang disampaikan dengan benar.
Selain pemahaman mengenai apa itu paragraf/alinea,kita juga diharuskan memahami hal-halyang berkaitan dengan paragraf/alinea itu sendiri.
Untuk mengetahui lebih jauh tentang paragraf/alinea dan hal-hal yang berhubungan dengan paragraf/alinea, makalah sederhana ini mencoba menguraikan semua point-point yang ada dan disajikan pada bab II pembahasan masalah.

1.2               Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang tersebut maka rumusan masalah pembuatan makalah ini adalah
1)      Apa itu paragraf/alinea?
2)      Apa saja fungsi paragraf/alinea?
3)      Apa saja syarat-syarat paragraf/alinea?
4)      Bagaimana pembagian paragraf/alinea menurut jenisnya?
5)      Apa tanda paragraf/alinea?
6)      Bagaimana rangka/struktur paragraf/alinea?
7)      Bagaimana posisi kalimat topik paragraf/alinea?
8)      Untuk apa pengembangan paragraf/alinea itu?
9)      Bagaiman teknik pengembangan paragraf/alinea?
10)  Bagaimana pengembangan paragraf/alinea menurut teknik  pemaparannya?

1.3               Tujuan Penulisan

Berdasarkan latar belakang dan rumusan masalah tersebut , maka tujuan penulisan makalah ini adalah
1)               Untuk mengetahui mengenai paragraf atau alinea secara umum yang sering digunakan dalam kegiatan karya tulis.
2)               Untuk mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan paragraf atau alinea itu sendiri, mulai dari syarat sebuah paragraf/alinea  hingga berbagai macam bentuk paragraf atau alinea berdasarkan jenis atau teknik pemaparannya.

1.4               Metode Pengumpulan Data

Dalam pembuatan makalah ini kami, kami menggunakan metode kepustakaan sebagai metode utama yang meliputi pencarian informasi yang berkaitan dengan paragraf atau alinea melalui buku-buku pembelajaran serta browsing internet.

1.5               Manfaat Penulisan

Manfaat yamg diharapkan dari penulisan ini adalah :
                        1.           Mahasiswa dan mahasiswi mampu memahami pengertian paragraf atau alinea yang sering digunakan dalam penulisan karya ilmiah.
                        2.           Mampu memahami  hal-hal berkaitan dengan paragraf atau alinea yang sering digunakan dalam penulisan karya ilmiah, seperti jenis-jenis paragraf/alinea, struktur paragraf/alinea, manfaat pengembangan paragaf/alinea hingga teknik pengembangan paragraf/alinea.
                        3.           Dapat menjadi tambahan referensi contoh-contoh makalah yang dapat dijadikan acuan atau pedoman dalam pembuatan makalah-makalah baik tugas-tugas mata pelajaran bahasa Indonesia maupun mata pelajaran yang lainnya.



BAB II

PARAGRAF DALAM BAHASA INDONESIA

2.1               Pengertian Paragraf/Alinea

Paragraf disebut juga alinea. Kata tersebut merupakan serapan dari bahasa Inggris paragraph. Kata Inggris “paragraf” terbentuk dari kata Yunani para yang berarti “sebelum” dan grafein “menulis atau menggores”. Sedangkan kata alinea dari bahasa Belanda dengan ejaan yang sama. Alinea berarti “mulai dari baris baru” (Adjad Sakri,1992). Paragraf atau alinea tidak dapat dipisah-pisahkan seperti sekarang, tetapi disambung menjadi satu. Menurut Lamuddin Finoza, paragraf adalah satuan bentuk bahasa yang biasanya merupakan gabungan beberapa kalimat, sedangkan dalam bahasa Yunani, sebuah paragraf (paragraphos, “menulis di samping” atau “tertulis di samping”) adalah suatu jenis tulisan yang memiliki tujuan atau ide. Jadi, paragraf atau alinea adalah suatu bagian dari bab pada sebuah karangan yang mana cara penulisannya harus dimulai dengan baris baru dan kalimat yang membentuk paragraf atau alinea harus memperlihatkan kesatuan pikiran. Selain itu, kalimat-kalimat dalam sebuah paragraf atau alinea harus saling berkaitan dan hanya membicarakan satu gagasan. Bila dalam sebuah paragraf atau alinea terdapat lebih dari satu gagasan, paragraf atau alinea itu tidak baik dan perlu dipecah menjadi lebih dari satu paragraf atau alinea. Perhatikan contoh paragraf atau alinea di bawah ini...........

Nah, yang diatas itu cuma sedikit preview nya aja,.
Kenapa gak gue posting semuanya disini?
Ya karna takut ntar malah jadi berat loadingnya, plus, ntar makan banyak BW kalian...
So, kalo emang kalian tertarik sama makalah ini, SILAKAN DOWNLOAD DISINI....

Indahnya berbagi~
Wassalam....

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar apapun asalkan terbebas dari SARA, junk, dan SPAM. .

 
Share