Thursday, May 9, 2013

Penalaran dalam Bahasa Indonesia

Hai, balik lagi..
kali ini post gue gak bakal panjang-panjang, soalnya gue cuma mau ngelanjutin post-post sebelumnya yaitu berbagi makalah yang gue punya selama kuliah.. Kurang baik apa coba gue? hehehe *ditimpukin*
Seperti makalah-makalah sebelumnya yang sudah gue bagi disini, seperti Sejarah Perkembangan Bahasa Indonesia, Tata Kalimat dalam Bahasa Indonesia serta Paragraf dalam Bahasa Indonesia. Nah, makalah ini juga dibuat sama temen-temen gue sekelas, Jadi, sebenarnya kalau kalian mau berterimakasih, berterimakasih lah pada mereka.. :)

Hmm, yaudah, kayanya gak usah banyak basa-basi, kita langsung aja ya..?!
Makalah yang gue bagi kali ini berjudul "PENALARAN DALAM BAHASA INDONESIA"....
Berikut ini Preview nya....


BAB I
PENDAHULUAN

A.  LATAR BELAKANG
Dalam  membuat suatu karangan ilmiah banyak membahas fakta secara logis dan sistematik dengan tata bahasa yang baik dan benar. berarti untuk menulis karangan ilmiah diperlukan kemampuan menalar secara ilmiah. Oleh karena itu kita perlu memahami prinsip-prinsip yang berlaku di dalam proses penalaran ilmiah. dengan mempelajari penalaran, akan memperoleh pengetahuan menganai definisi, kalimat efektif, paragraf, dan pengembangan karangan. melalui proses penalaran, kita dapat sampai pada kesimpulan yang mungkin berupa asumsi, hipotesis, teori, atau keputusan lainnya.

B. RUMUSAN MASALAH
Adapun rumusan masalah yang akan dibahas yaitu:
1. Bagaimana cara penalaran yang baik menurut tata Bahasa Indonesia?

 C. TUJUAN
Tujuan Umum:
Dapat memahami proses penalaran ilmiah secara memadai
Tujuan Khusus

1. Dapat menarik kesimpulan dengan membedakan secara deduktif dan induktif. 
2. Jika  ada faktanya maka dapat menarik kesimpulan induktif
3. Jika ada premisnya maka dapat menarik kesimpulan deduktif
4. Jika ada silogisme dapat mengubahnya menjadi entimen
5. Jika ada entimen, dapat mengubahnya menjadi silogisme.
6. Jika ada pernyataan yang mengandung salah nalar, maka dapat menjelaskan kesalahan nalar itu.

D. MANFAAT
Makalah ini diharapkan dapat memperdalam teori keilmuan tentang tata Bahasa Indonesia khususnya tentang proses penalaran. Dan setelah membaca  makalah ini diharapkan dapat berguna bagi pembaca khususnya bagi yang ingin membuat karangan ilmiah dan sebagainya.

 BAB II
PENALARAN

A. BEBERAPA PENGERTIAN
 Penalaran adalah suatu proses berpikir manusia untuk menghubung-hubungkan data atau fakta yang ada sehingga sampai pada suatu kesimpulan yang logis berdasarkan atas evidensi yang relevan. Dengan demikian, penalaran adalah proses penafsiran fakta sebagai dasar untuk menarik kesimpulan. Data atau fakta yang dinalarkan itu boleh benar dan boleh tidak. data yang dapat dipergunakan dalam penalaran untuk mencapai satu kesimpulan harus dalam bentuk kalimat pernyataan.

1. Proposisi dan Term
Proposisi adalah kalimat yang berisi pernyataan tentang hubungan antara fakta-fakta (subjek dan predikat). Term adalah kata atau kelompok kata yang dapat dijadikan subjek atau predikat dalam sebuah kalimat proposisi. Namun proposisi juga dapat diartikan sebagai kalimat pernyataan tentang hubungan antara fakta-fakta yang dapat dinilai benar atau salah. Suatu proposisi mempunyai subjek dan predikat yang berbentuk kalimat, tetapi tidak semua kalimat digolongkan dalam proposisi. Hanya kalimat berita netral yang dapat disebut proposisi.

Yup, kayanya segitu aja ya preview nya,..
Kalau mau baca lebih lanjut, silakan download file-nya DISINI. 
Hmm, mungkin itu aja ya..
Wassalam.... :)

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar apapun asalkan terbebas dari SARA, junk, dan SPAM. .

 
Share