Thursday, July 7, 2011

Bombay Blood Type, Golongan Darah Paling Langka

Hii..139
kali ini gue mau posting tentang Golongan Darah.. Tapi bukan golongan darah yang biasa loh, golongan darah ini dikenal sebagai golongan darah yang paling langka + paling susah buat ditemukan.
mau tau?? mau dong?? 123

Sewaktu di sekolah kita sudah belajar kan tentang yang namanya darah serta jenis-jenisnya, cuma waktu itu kita dikasih tau bahwa golongan darah itu cuma ada 4 yaitu, A, B, AB dan 0 (bukan O huruf alphabet ke 15 sih sebenarnya, tapi 0 "nol" ). kalau gak salah kira-kira penjelasannya kaya gini (kalau salah tolong dibenerin ya).
- Golongan darah A, artinya golongan darah tersebut memiliki sel darah dengan antigen A.
- Golongan darah B, artinya golongan darah tersebut memiliki sel darah dengan antigen B.
- Golongan darah AB, artinya golongan darah tersebut memiliki sel darah dengan antigen A dan sel darah dengan antigen B.
- Golongan darah 0, artinya golongan darah tersebut tidak memiliki antigen, baik antigen A maupun antigen B.
jadi bisa dibilang, penamaannya itu berdasarkan jenis antigen yang dimiliki.

Saat ini mungkin banyak yang beranggapan bahwa golongan darah 0 bisa digunakan untuk transfusi ke golongan darah yang lain (A, B, dan AB), atau biasa disebut dengan "Universal Donor". Namun pada kenyataanya, pemberian golongan darah 0 pada golongan darah lain dapat menimbulkan efek samping pada si penerima. Apalagi bila di dalam golongan darah 0 tersebut terdapat plasma darah yang mengandung Anti-A maupun Anti-B ber"titer" tinggi (1/64). Salah-salah malah bisa terjadi penggumpalan. 071

Di negara-negara lain bahkan anggapan golongan darah 0 merupakan “Universal Darah” sudah tidak dianut lagi, kecuali kalau diberikan dalam bentuk Packed Red Cells.

G. B. Elliott dalam jurnalnya: “Transiently Dangerous Universal Blood” mengatakan bahwa Universal donor itu berbahaya. Dan sebenarnya pernyataan Dangerous Universal Donor ini sudah diperkenalkan oleh Levine dan Mabee di tahun 1923.

Tapi tahukah kalian, bahwa selain 4 golongan darah yang udah disebut diatas, masih adalagi 1 golongan darah?? Golongan darah ini merupakan golongan darah yang paling langka yaitu "Golongan Darah Bombay" atau bahasa Inggrisnya, "Bombay Blood Type".

Pasti kalian bertanya-tanya, kok namanya Bombay Blood Type?? kenapa gak Indonesia blood type, ato yang lebih keren lagi, Banjarmasin Blood Type.. 136

Yup, itu dikarenakan, golongan darah ini ditemukan pertama kalinya di Bombay, India pada tahun 1952. Menurut penelitian, golongan darah ini tidak memiliki ekspresi Antigen ABO di permukaan sel darahnya seperti golongan darah yang lain. Jika diperiksa dengan menggunakan sistem biasa maka akan muncul golongan darah 0, tapi tetap tidak bisa menerima transfusi dari golongan darah 0 karena pada dasarnya memang keduanya berbeda. Golongan darah tipe Bombay adalah golongan darah dengan fenotipe hh atau mereka tidak mengekspresikan antigen H/substansi H (antigen yang terbaca sebagai golongan darah 0). Hal inilah yang membedakannya dengan golongan darah 0 dan golongan darah yang lain.

Kenapa golongan darah ini bisa langka? itu karena presentasi kejadian ini sangat kecil, mengingat substansi H adalah sangat dominan dibanding h. Kemungkinan adanya golongan darah bombay ini 1 : 200.000, artinya dari 200.000 orang kemungkinan hanya satu ada golongan darah bombay. *kasian ya??*

Saran gue sih, kalo di antara kalian ada yang mempunyai golongan darah jenis ini, sebaiknya cepat-cepat menyimpan darah kalian di PMI, jadi kalau suatu saat diperlukan sudah gak ribet lagi nyarinya.

Bagi yang mempunyai golongan darah ini, ada kabar baik dan kabar buruknya juga.

Kabar baiknya, Orang-orang dengan Bombay blood dapat mendonorkan darahnya ke semua golongan darah lain (ABO) baik rhesus positif maupun negative. Tidak ada resiko akan adanya penolakan dari penerima, karena orang-orang dengan Bombay blood tidak mempunyai antigen H.

Kabar buruknya, orang-orang dengan Bombay blood harus menerima darah Bombay blood juga, apabila tidak, maka akan timbul reaksi hemolitik karena transfusi tersebut (Hemolitik : Sel darah akan pecah).

Kasian banget yaa?? 204

Disadur dari : http://blog.unila.ac.id/terraeka/2011/06/24/golongan-darah-paling-langka-didunia/

3 comments:

Anonymous said...

Emergency, teman membutuhkan transfusi darah bombay / para bombay (India) apakah ada teman2 yang bisa menghubungkan ? Emergency we need blood transfer for Bombay (Indian), anyone can help / connect ? Contact 021-8191223 ext. 234 Hospital Hermina Jatinegara

dian said...

Emergency, teman membutuhkan transfusi darah bombay / para bombay (India) apakah ada teman2 yang bisa menghubungkan ? Emergency we need blood transfer for Bombay (Indian) type, anyone can help / connect ? 021-8191223 RS Hermina Jatinegara

dian said...

Emergency we need blood transfer for Bombay (Indian) type, anyone can
help / connect ?
Call +6221- 8191223 Hospital Hermina

Thanking you in advance
Sincerely

Post a Comment

Silahkan berikan komentar apapun asalkan terbebas dari SARA, junk, dan SPAM. .

 
Share